INTERNET BIKIN KONSENTRASI BUYAR !

Rabu, 09 Februari 2011


Ngomongin soal internet, jelas banyak manfaatnya. Ada yang bilang kalau internet bisa jadi solusi dalam memecahkan masalah. Bahkan dari hasil survey yang dilakukan oleh Imagining the Internet Center milik University of North Carolina lebih seru lagi .K atanya, lebih dari tiga perempat net user diprediksi bakal punya otak yang cerdas dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Sedaaaaaap !!


Berita uang nyenengin banget dong ya ? tapi jangan lihat seru dan seneng-seneng aja nih. Kulik juga punya dampak negatif yang dihasilkan dari masuknya era internet dong, soalnya ada kabar yang bilang kalau melalui hasil sebuah study, banyak anak muda yang khususnya yang ada digenerasi USB nih kehilangan kemampuan dalam berkonsentrasi. Dan ini baru salah salah satunya aja.

Kata seorang profesor dari University College London, revolusi digital udah buat otak anak muda seperti "dibentuk". Misalnya, kalau zaman dulu ngerjain tugas satu-satu dan pelan-pelan, sekarang udah gak gitu lagi. Mereka udah sanggup ngerjain tugas dengan waktu berbarengan. Namun disisi lain, mereka gak bisa fokus dalam kurun waktu lama .

Usut punya usil, masuknya internet dan gadget-gadget mutakhir bukan cuma mengubah perilaku orang, tapi juga cara berpikirnya. Sang profesor, David Nicholas, sempat menguji kemampuan beberapa partisipan didunia maya. Partisipan umur 12-18 tahun cuma perlu waktu buat ngejawab quetioner dibanding partisipan yang lebih tua.
Menurut penelitiannya, anak muda ini bisa menjawab dengan cepat. Waktu yang dipake pun gak lama. Anak muda juga lebih handal dalam multi tasking(membuka banyak window). Mereka dengan gampangnya pindah-pindah layar dari situs satu kesitusyang lain. Lucunya mereka jarang balik kesitus yang sama.
Hasil ini pun bikin para psikolog jadi ikut ngasih komen. Disatu sisi psikolog A bilang, kalau internet belum ngebuktiin bisa ngerubah otak anak muda. Karena pada dasarnya anak muda itu memang susah konsen. Banya net user yang gak disiplinseperti halnya baca dan menulis buku yang bisa bertahan lama. Hal ini disebabkan karena pikiran anak muda seakan "dibentu" lagi dengan pola bekerja yang beda.
Pernah ngerasa kan ? Dimana kalo kita lagi buat tugas sambil buka-buka situs akhirnya tugasnya jadi keteter ? Nah, itulah internet identik pecahkan konsentrasi anak muda. Abis, kalo pesan FB-nya gak dibalas, gak seru . Tapi sekali buka internet pas ngerjain tugas, resikonya bakal lama deh tuh tugasnya. So, harusnya, beresin dulu tugasnya baru buka internet.

0 komentar:

Posting Komentar