Internet Buat Dunia Pendidikan Indonesia

Jumat, 11 Februari 2011


Ada banyak manfaat internet untuk pendidkan. Selama ini banyak sekali inovasi-inovasi yang dicanangkan. Namun, tak semuanya berjalan dengan mulus. Program pemanfaatan internet khususnya yang dimotori oleh pemerintah sering kedodoran. Banyak sekali program yang ingin dijalankan. Tetapi sangat minim pelaksanaan.
Sementara, di kalangan kaum terpelajar di Indonesia, mereka berinisiatif sendiri dalam memanfaatkan internet untuk pendidikan. Bahkan, banyak lembaga-lembaga informal seperti kursus-kursus dan sekolah online bermunculan.

Itu semua memang tidak terlepas dari dua hal. Pertama tentang kemajuan dan perkembangan internet itu sendiri. Kedua, murahnya dan semakin luasanya internet bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Selain bisa diakses melalui handpone, internet kini juga bisa akses melalui berbagai warung internet yang kini menjamur, tak hanya di kota-kota besar, bahkan di pelosok desa pun sudah ada.
Nah, bagaimana internet bisa digunakan untuk pendidikan? 

Berikut ini diantaranya:


Pencarian Informasi Pendidikan
Penggunaan yang paling dasar dan sering dilakukan kalangan terpelajar kita adalah mencari materi dan informasi pendidikan di internet. Informasi ini khususnya yang menyangkut pelajaran atau mata kuliah mereka. 
Memang, kemudahan pencarian informasi ini kadang berdampak buruk yaitu maraknya kegiatan plagiat di kalangan terpelajar, begitu juga anak-anak jadi malas membaca buku. Untuk ini, kaum terpelajar lain seperti guru juga diharuskan mengikuti perkembangan internet tersebut, agar bisa mengawasi dan meminimalisir maraknya kasus plagiat ini.



Berbagi Ilmu Pengetahuan
Di dunia pendidikan, internet juga berfungsi sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan. Selain melalui website, yang marak adalah saling berbagi ilmu lewat blog atau semacam jurnal online pribadi. Lewat media tersebut, kalangan terpelajar saling berbagai informasi, menulis tentang kemampuan dan kepakarannya masing-masing.

Tentu saja, yang demikian ini perlu disambut dengan positif. Sebab secara langsung maupun tidak langsung bisa meningkatkan kualitas pendidikan kita sebab semakin banyak sumber informasi terkait dengan pendidikan yang mudah didapatkan untuk mendukung kegiatan akademik mereka.


Sarana Publikasi Pendidikan

Internet, juga bisa digunakan sebagai sarana publikasi pendidikan. Terutama untuk sarana publikasi jurnal ilmiah di kalangan akademisi. Sayangnya, yang demikian itu masih belum berkembang dengan baik. Penelitian-penelitian para pakar masing banyak yang disimpan dalam gedung-gedung perpustakaan
Yang sedikit sekali orang yang bisa mengaksesnya. Untuk itu, perlu ada gebrakan di dunia akademik agar karya-karya ilmiah itu bisa mudah dinikmati pembaca.

Sarana Belajar Mengajar
Sebagai sarana kegiatan belajar mengajat contohnya adalah Universitas Terbuka. Kegiatan belajar-belajarnya dilakukan dengan jarak jauh melalui internet. Tidak dengan tatap muka langsung. Selain itu, kini marak sekali sekolah-sekolah online yang juga dijalankan oleh para praktisi bisnis dan praktisi pendidikan. Misalnya marak sekolahmarketing online, bisnis online, maupun sekolah menulis online.Semuanya itu dilakukan dengan bantuan internet, kelas maya, bukan kelas tatap muka. Tentu saya yang demikian merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan dan perlu terus di dukung perkembangannya.

Demikian fungsi internet untuk pendidikan. Internet memang hanya sekadar alat atau media, tinggal di tangan manusialah, ditangan kitalah penggunaan secara positif itu bisa dilaksanakan.  Untuk kebaikan atau keburukan, terserah Anda.

Akses Facebook Bikin Bodoh ??


Asik dan seru banget "membunuh waktu" dengan masuk ke situs jejaring sosial seperti facebook. Pertemanan berasa gampang banget. Belum lagi manfaat lain yang juga luar biasa asiknya. Harus diakui munculnya aplikasi ini banyak mempermudah aktifitas kita, tapi tunggu dulu. Apa manfaat yang dikasih facebook gak menyimpan masalah ?

Penelitian tim psikolog dari Universitas terbuka di Belanda mungkin saja ada benarnya. Baru-baru ini mereka ngungkapin kalau situs jejaring sosial ngaruh banget sama prestasi belajar dan bekerja seseorang dengan cukup signifikan. 

Menurut salah satu peneliti, Prof. Paul Kirschner via Times Indian menyebut, orang membuka Facebook atau jejaring sosial lainnya, email dan pesan singkat saat mereka sedang melakukan tugas atau pekerjaan lainnya, cukup bermasalah.

Peneliti pun nemuin kalau orang pelajar yang log-in ke Facebook sambil belajar, nilai yang didapat pun jauh lebih rendah ketimbang pelajar yang enggak sedang internetan. Udah gitu, nilai ujian pelajar yang eksis di situs jejaring sosial sambil bekerja 20 persennya lebih rendah dari mereka yang gak ngegunain jejaring sosial. Multitasking(melakukan tugas secara paralel) bukan sesuatu yang efisien dilakukan, karena hanya akan memecah konsentrasi. Pekerjaan jadi terbengkalai dan menyelesaikannya butuh waktu yang lama. 

Dalam penelitiannya, sang profesor dan timnya ngelibatin 29 mahasiswa dari umur 9-54 tahun dari berbagai universitas di Amerika. Mereka yang terbiasa mengakses facebook atau jejaring sosial lainnya sambil mengerjakan tugas di kelas indeks prestasinya rata-rata 3.06 . Tapi yang gak memiliki kebiasaan itu indeks prestasinya rata-rata 3,82. Dan mahasiswa yang nggak ngegunain situs jejaring sosial bilang kalo mereka jadi lebih punya waktu untuk belajar. Mereka pun punya waktu 88 persen lebih panjang dibanding mereka yang selalu eksis di jejaring sosial .
 Jadi kita harus pandai-pandai buat ngatur jadwal belajar dan akses facebook atau yang lainnya . Kalau gak mau cuma manyun aja ngeliad mereka yang prestasinya lebih dibanding kita karena gak bisa bagi-bagi waktu antara belajar dan facebook-an. Jadi, semua tergantung kita deh. Mau diambil baik atau yang buruknya. So, bagi deh waktu buat belajar dan eksis di jejaring sosial kamu .

INTERNET BIKIN KONSENTRASI BUYAR !

Rabu, 09 Februari 2011


Ngomongin soal internet, jelas banyak manfaatnya. Ada yang bilang kalau internet bisa jadi solusi dalam memecahkan masalah. Bahkan dari hasil survey yang dilakukan oleh Imagining the Internet Center milik University of North Carolina lebih seru lagi .K atanya, lebih dari tiga perempat net user diprediksi bakal punya otak yang cerdas dalam kurun waktu 10 tahun kedepan. Sedaaaaaap !!


Berita uang nyenengin banget dong ya ? tapi jangan lihat seru dan seneng-seneng aja nih. Kulik juga punya dampak negatif yang dihasilkan dari masuknya era internet dong, soalnya ada kabar yang bilang kalau melalui hasil sebuah study, banyak anak muda yang khususnya yang ada digenerasi USB nih kehilangan kemampuan dalam berkonsentrasi. Dan ini baru salah salah satunya aja.

Kata seorang profesor dari University College London, revolusi digital udah buat otak anak muda seperti "dibentuk". Misalnya, kalau zaman dulu ngerjain tugas satu-satu dan pelan-pelan, sekarang udah gak gitu lagi. Mereka udah sanggup ngerjain tugas dengan waktu berbarengan. Namun disisi lain, mereka gak bisa fokus dalam kurun waktu lama .

Usut punya usil, masuknya internet dan gadget-gadget mutakhir bukan cuma mengubah perilaku orang, tapi juga cara berpikirnya. Sang profesor, David Nicholas, sempat menguji kemampuan beberapa partisipan didunia maya. Partisipan umur 12-18 tahun cuma perlu waktu buat ngejawab quetioner dibanding partisipan yang lebih tua.
Menurut penelitiannya, anak muda ini bisa menjawab dengan cepat. Waktu yang dipake pun gak lama. Anak muda juga lebih handal dalam multi tasking(membuka banyak window). Mereka dengan gampangnya pindah-pindah layar dari situs satu kesitusyang lain. Lucunya mereka jarang balik kesitus yang sama.
Hasil ini pun bikin para psikolog jadi ikut ngasih komen. Disatu sisi psikolog A bilang, kalau internet belum ngebuktiin bisa ngerubah otak anak muda. Karena pada dasarnya anak muda itu memang susah konsen. Banya net user yang gak disiplinseperti halnya baca dan menulis buku yang bisa bertahan lama. Hal ini disebabkan karena pikiran anak muda seakan "dibentu" lagi dengan pola bekerja yang beda.
Pernah ngerasa kan ? Dimana kalo kita lagi buat tugas sambil buka-buka situs akhirnya tugasnya jadi keteter ? Nah, itulah internet identik pecahkan konsentrasi anak muda. Abis, kalo pesan FB-nya gak dibalas, gak seru . Tapi sekali buka internet pas ngerjain tugas, resikonya bakal lama deh tuh tugasnya. So, harusnya, beresin dulu tugasnya baru buka internet.

Sejarah Bahasa Korea

Selasa, 08 Februari 2011

Bahasa Korea (한국어), bersama-sama dengan bahasa jepang dan bahasa mongolia adalah bahasa yang di turunkan dari bahasa Altaic. ketiga bahasa tersebut mempunyai banyak kemiripan terutama vowel harmonization-nya. Meskipun demikian, lebih dari 70 % kosakata dalam bahasa korea, di adaptasi dari bahasa Cina. Bahasa ini di gunakan oleh sekitar 60 juta orang penduduk Korea. Bahasa Korea di kenal sebagaiagglutinating language karena banyaknya pemakaian partikel dalan bahasa ini.
Ajaran konfusian yang sudah di anut oleh masyarakat Korea sejak ribuan tahun lalu, membawa pengaruh besar dalam bahasa ini. Ajaran ini sangat memperhatikan perbedaan status orang. Perbedaan ini bisa di sebabkan oleh status usia, jabatan, posisi di dalam keluarga, atau juga pekerjaan orang tersebut. Partikel yang ditambahkan ke dalam suatu kata dalam bahasa korea, sangat di tentukan oleh status orang yang di ajak bicara, status orang yang di bicarakan, dan juga dalam situasi apa pembicaraan tersebut di lakukan. Mungkin bisa saya sebutkan disini bahasa korea hampir mirip dengan bahasa jawa yang mengenal unggah-ungguh (tingkat kesopanan).
Mempelajari grammar dalam bahasa korea lebih jauh penting daripada memepelajarigrammar ketika belajar bahasa lain, seperti bahasa inggris atau jerman. Kamus bahasa korea paling lengkap pun tidak akan berguna bila tidak tahu grammar bahasa korea. Kata kerja dan kata sifat yang terdapat di kamus masih berupa bentuk “mentah” yang harus di ubah terlebih dahulu sesuai status  orang yang di ajak bicara, status orang yang di bicarakan, dan dalam situasi apa pembicaraan tersebut di lakukan. Hal ini hampir mirip dengan bahsa Arab yang juga mengalami banyak perubahan dalam bentuk awal katanya. oleh karena itu, kita akan lebih menitik beratkan tentang pembelajaran grammar.

SEJARAH EMO


Sejarah
Emo muncul dari genre hardcore punk pada awal 1980-an di Washington, D.C. sebagai reaksi meningkatnya kekerasan di komunitas hardcore punk dan rasa ketidak senangan terhadap Ian MacKaye dari Minor Threat yang mengubah fokus musiknya dari komunitas menjadi kepentingan politik individual. Penggemar Minor Threat bernama Guy Picciotto mendirikan Rites of Spring pada tahun 1984 karena berkeinginan melepaskan diri dari batasan-batasanhardcore yang mengekang, dan menggantinya dengan gitar yang melodius, ritme yang bervariasi, dan lirik yang sangat penuh luapan emosi pribadi. Sebagian dari lirik lagu-lagu Rites of Spring telah menjadi metafora bagi pemusik emo dari generasi berikutnya, termasuk di antaranya tema-tema seperti nostalgia, kepahitan yang romantis, dan putus asa yang puitis. Konser-konser Rites of Spring menjadi arena luapan emosi publik, para penonton sering kali menangis tersedu-sedu. Ian MacKaye berubah menjadi penggemar berat Rites of Spring, membantu rekaman satu-satunya album Rites of Spring, dan bekerja sebagai roadiedalam konser keliling. MacKaye lalu mendirikan band sendiri bernama Embrace yang mengeksplorasi tema-tema serupa mengenai pencarian diri dan pelepasan emosi. Grup-grup musik serupa bermunculan setelah adanya Revolusi Musim Panas 1985 di kalangan hardcore punk Washington, D.C.. Gray Matter, Beefeater, Fire Party, Dag Nasty, Lunchmeat, dan Kingface adalah beberapa grup musik yang berperan penting waktu itu.-


Asal usul dari istilah emo tidaklah begitu pasti, namun paling tidak sudah dikenal sejak tahun 1985. Menurut Andy Greenwald penulis buku Nothing Feels Good: Punk Rock, Teenagers, and Emo, “Asal usul istilah emo diselubungi misteri [...] tapi pertama kali muncul sebagai kebiasaan umum pada 1985. Kalau Minor Threat dianggap hardcore, maka Rites of Spring dengan fokus yang berbeda, bisa disebut emotional hardcore atau emocore. Michael Azerrad pengarang Our Band Could Be Your Life juga melacak asal usul kata emo: “Gaya bermusik seperti itu segera disebut ‘emo-core’, istilah yang dibenci oleh semua orang yang terlibat di dalamnya, walaupun istilah dan pendekatan itu berkembang paling sedikit lima belas tahun kemudian, dan melahirkan band-band yang tidak terhitung jumlahnya.” MacKaye juga mengenang kembali tahun 1985, dan mengingat ada sebuah artikel di majalah Thrasher yang menyebut Embrace dan grup-grup musik lain di Washington, D.C. sebagai “emo-core“. Ketika itu, ia menganggapnya “istilah paling bodoh yang pernah aku dengar seumur hidupku.” Teori lain mengatakan istilah emo berasal dari penonton konser Embrace. Mereka meneriakkan kata “emocore” yang dimaksudkan sebagai ejekan bagi Embrace. Penggemar emo mengklaim bahwa MacKaye yang menciptakan istilahemo Walapun demikian, Oxford English Dictionary mencatat bahwa istilah emo-coreemomulai dikenal pada tahun 1993. Kata emo pertama kali muncul di media cetak pada tahun 1995 di majalah New Musical Express. untuk mengejek dirinya sendiri di majalah, atau istilah tersebut berasal dari ciptaan Rites of Spring. pertama kali digunakan tahun 1992, sementara istilah

Perusahaan rekaman spesialis emocore dengan segera bermunculan di sekitar kalangan punk Washington, D.C., dan identik dengan grup-grup musik yang bernaung di bawah label Dischord Records milik MacKaye. Walaupun sebagian besar dari grup-grup tersebut enggan disebut band emo, mereka menerimanya dengan terpaksa. Veteran punk Jenny Toomey mengenang “Orang yang menggunakan [istilah emo] hanyalah orang-orang yang cemburu terhadap begitu besar dan fanatiknya penggemar pada waktu itu. [Rites of Spring] sudah ada sebelum istilah emo tercipta, dan mereka membencinya. Namun terjadilah keanehan, seperti ketika orang-orang mulai menyebut musik mereka ‘grunge’, Anda juga mulai ikut-ikutan memakai istilah itu, walaupun mulanya Anda membencinya.”

Kegemilangan emo di Washington, D.C. hanya bertahan beberapa tahun. Pada 1986, sebagian besar band-band utama, termasuk Rites of Spring, Embrace, Gray Matter, dan Beefeater sudah membubarkan diri. Walaupun demikian, ide dan estetika yang berasal dari mereka dengan cepat menyebar ke seluruh Amerika Serikat lewat majalah penggemar (zine), rekaman piringan hitam, dan kabar burung. Menurut Greenwald, kalangan emo di Washington, D.C. meletakkan fondasi bagi inkarnasi grup-grup emo generasi berikutnya:

Apa yang terjadi di Washington, D.C. pada pertengahan delapan puluhan, pergeseran kemarahan menjadi aksi, dari kemarahan terpendam menjadi ketidakpastian internal, dari massa yang terindividualisasikan menjadi massa yang individual, semuanya dalam beberapa hal merupakan studi kasus bagi transformasi dunia punk nasional untuk dua dekade berikutnya. Penggambaran ide dan situasi, kekuatan musik, dan cara orang bereaksi terhadaobtam dab cara band-band menjadi jenuh dan bukan memudar, semuanya berawal dari beberapa pertunjukan pertama Rites of Spring. Fondasi emo telah diletakkan, namun secara tidak sengaja, oleh lima puluh orang atau lebih di ibu kota negara. Dan dalam beberapa hal, emo tidak akan pernah sebaik dulu dan pastinya tidak akan pernah murni lagi. Pastinya, dunia emo di Washington menerima emocore secara konsensus sebagai suatu genre.

Di kemudian hari, MacKaye dan Piccioto, bersama Brendan Canty (pemain drum Rites of Spring) membentuk Fugazi. Walaupun anggotanya terkait dengan dunia emo, Fugazi umumnya tidak diakui sebagai grup musik emo.

Keistimewaan Angka 9

Keistimewaan Angka 9

Setelah di teliti lebih jauh, ternyata angka 9 adalah angka yang paling unik loh...
mau tau kenapa?? soalnya...
Hasil kali angka 9 dengan angka / bilangan berapapun, jika di jumlahkan akan menghasilkan angka 9 lagi loh... gak percaya??? nih buktinya....
9x1 = 09 ----> 0+9 = 9
9x2 = 18 ----> 1+8 = 9
9x3 = 27 ----> 2+7 = 9
9x4 = 36 ----> 3+6 = 9
9x5 = 45 ----> 4+5 = 9
9x6 = 54 ----> 5+4 = 9
9x7 = 63 ----> 6+3 = 9
9x8 = 72 ----> 7+2 = 9
9x9 = 81 ----> 8+1 = 9
9x10 = 90 ----> 9+0 = 9
ketahuan kan uniknya dimana????!!!!
Bahkan sampai angka sebesar apapun........
9×3x8=216 ---> 2+1+6=9
9×7x8×9=4536 ---> 4+5+3+6=18 --->1+8=9
9×8x4×2x7=4032 ---> 4+0+3+2=9
9×7x5×3x6×4=22680 ---> 2+2+6+8+0=18 --->1+8=9
9×689=6201 ---> 6+2+0+1=9
9×5875=52875 ---> 5+2+8+7+5=27---> 2+7=9
9×85964=773676 ---> 7+7+3+6+7+6=36 ---> 3+6=9, dst..
Unik Yang kedua adalah... Hasil perkaliannya kebalikan dari perkalian angka sebelumnyaexample:
9x1 = 09 kebalikan dr 9x10 = 90
9x2 = 18 kebalikan dr 9x9 = 81 dst....
Dan angka 9 juga melambangkan asmaul husna yaitu 99... keren ya...!!!

5 Bahasa Tersulit Di Dunia

5 BAHASA TERSULIT di DUNIA

Setiap bahasa mempunyai karakteristik dan tingkat kesulitan tersendiri. Beberapa bahasa yang berasal dari zaman prasejarah(mungkin) mempunyai tulisan yang sangat rumit. Di bawah ini daftar bahasa dengan tulisan paling rumit di dunia !

1. Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin (Tradisional: 北方話, Sederhana: 北方话, Hanyu Pinyin: Běifānghuà, harafiah: “bahasa percakapan Utara” atau 北方方言 Hanyu Pinyin: Běifāng Fāngyán, harafiah: “dialek Utara”) adalah dialek Bahasa Tionghoa yang dituturkan di sepanjang utara dan barat daya Republik Rakyat Cina. Kata “Mandarin”, dalam bahasa Inggris (dan mungkin juga Indonesia), digunakan untuk menerjemahkan beberapa istilah Cina yang berbeda yang merujuk kepada kategori-kategori bahasa Cina lisan.
Dalam pengertian yang sempit, Mandarin berarti Putonghua 普通话 dan Guoyu 國語 yang merupakan dua bahasa standar yang hampir sama yang didasarkan pada bahasa lisan Beifanghua* (lihat di bawah). Putonghua adalah bahasa resmi Cina dan Guoyu adalah bahasa resmi Taiwan. Putonghua – yang biasanya malah dipanggil Huayu – juga adalah salah satu dari empat bahasa resmi Singapura.
Dalam pengertian yang luas, Mandarin berarti Beifanghua (secara harafiah berarti “bahasa percakapan Utara”), yang merupakan sebuah kategori yang luas yang mencakup beragam jenis dialek percakapan yang digunakan sebagai bahasa lokal di sebagian besar bagian utara dan barat daya Cina, dan menjadi dasar bagi Putonghua dan Guoyu. Beifanghua mempunyai lebih banyak penutur daripada bahasa apapun yang lainnya dan terdiri dari banyak jenis termasuk versi-versi yang sama sekali tidak dapat dimengerti.
Seperti ragam-ragam bahasa Cina lainnya, ada banyak orang yang berpendapat bahwa bahasa Mandarin itu merupakan semacam dialek, bukan bahasa.
Contoh huruf mandarin:您好嗎 (apa kabar)

2. Bahasa Korea

Bahasa Korea (한국어/한국말) adalah bahasa yang paling luas digunakan di Korea, dan merupakan bahasa resmi Korea Selatan dan Korea Utara. Bahasa ini juga dituturkan secara luas di Yanbian di Cina timur laut. Secara keseluruhan terdapat sekitar 78 juta penutur bahasa Korea di seluruh dunia termasuk kelompok-kelompok besar di Uni Soviet, AS, Kanada dan Jepang. Klasifikasi resmi bahasa Korea masih belum disetujui secara universal, namun dianggap oleh banyak orang sebagai bahasa isolat. Beberapa ahli bahasa memasukkannya ke dalam kelompok bahasa Altaik. Bahasa Korea juga banyak mirip dengan bahasa Jepang yang status kekerabatannya juga kurang jelas.
Sistem penulisan bahasa Korea yang asli — disebut Hangul — merupakan sistem yang silabik dan fonetik. Aksara-aksara Sino-Korea (Hanja) juga digunakan untuk menulis bahasa Korea. Walaupun kata-kata yang paling umum digunakan merupakan Hangul, lebih dari 70% kosakata bahasa Korea terdiri dari kata-kata yang dibentuk dari Hanja atau diambil dari bahasa Mandarin.
Contoh Huruf Korea : 어떻게 지내세요 (apa kabar)

3. Bahasa Arab

Bahasa Arab (اللغة العربية al-lughah al-‘Arabīyyah), atau secara mudahnya Arab (عربي ‘Arabī), adalah sebuah bahasa Semitik yang muncul dari daerah yang sekarang termasuk wilayah Arab Saudi. Bahasa ini adalah sebuah bahasa yang terbesar dari segi jumlah penutur dalam keluarga bahasa Semitik. Bahasa ini berkerabat dekat dengan bahasa Ibrani dan bahasa Aram. Bahasa Arab Modern telah diklasifikasikan sebagai satu makrobahasa dengan 27 sub-bahasa dalam ISO 639-3. Bahasa-bahasa ini dituturkan di seluruh Dunia Arab, sedangkan Bahasa Arab Baku diketahui di seluruh Dunia Islam.
Bahasa Arab Modern berasal dari Bahasa Arab Klasik yang telah menjadi bahasa kesusasteraan dan bahasa liturgi Islam sejak lebih kurang abad ke-6. Abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri.
Bahasa Arab telah memberi banyak kosakata kepada bahasa lain dari dunia Islam, sama seperti peranan Latin kepada kebanyakan bahasa Eropa. Semasa Abad Pertengahan bahasa Arab juga merupakan alat utama budaya, terutamanya dalam sains, matematik adan filsafah, yang menyebabkan banyak bahasa Eropa turut meminjam banyak kosakata dari bahasa Arab.
Contoh huruf Arab : كيف حالك (apa kabar)

4. Bahasa Jepang

Bahasa Jepang (日本語; romaji: Nihongo) merupakan bahasa resmi di Jepang dan jumlah penutur 127 juta jiwa.
Bahasa Jepang juga digunakan oleh sejumlah penduduk negara yang pernah ditaklukkannya seperti Korea dan Republik Cina. Ia juga dapat didengarkan di Amerika Serikat (California dan Hawaii) dan Brasil akibat emigrasi orang Jepang ke sana. Namun keturunan mereka yang disebut nisei (二世, generasi kedua), tidak lagi fasih dalam bahasa tersebut.
Bahasa Jepang terbagi kepada dua bentuk yaitu Hyoujungo (標準語), pertuturan standar, dan Kyoutsugo (共通語), pertuturan umum. Hyoujungo adalah bentuk yang diajarkan di sekolah dan digunakan di televisi dan segala perhubungan resmi.
Contoh Huruf Jepang : お元気ですか (apa kabar)

5. Bahasa Jawa

Dan yang terakhir, tentu saja bahasa jawa :)
Menurut Anda bahasanya bagaimana? Biasa-biasa saja? Sebenarnya ini huruf dasar dari tulisan jawa. Kalau ingin lihat yang lebih kompleks, lihat saja aksara jawa berikut ini:
[klik untuk memperbesar]
Masih ada lagi nih, Angka Jawa:
Kalau yang ini adalah aksara Sandangan atau biasa dikenal dengan tanda baca dan juga aksara-aksara lainnya :
Bisa baca tulisan berikut ini?

Hukum Mendel

Jumat, 04 Februari 2011

Tiap sifat organisma hidup dikendalikan oleh sepasang "faktor
keturunan". Pada waktu itu Mendel belummenggunakan istilah "gen".

• Tiap pasangan faktor keturunan menunjukkan bentuk alternatif
sesamanya, kedua bentuk alternatif disebut pasangan ALELA.
• Satu dari pasangam alela itu dominan dan menutup alela yang resesif
bila keduanya ada bersama-sama.
• Pada pembentukan "gamet" alela akan memisah, setiap gamet
menerima satu faktor alela tersebut c dikenal sebagai HUKUM
PEMISAHAN MENDEL atau PRINSIP SEGREGASI SECARA BEBAS.
• INDIVIDU MURNI mempunyai dua alela yang sama (homozigot), alel
dominan diberi simbol huruf besar sedang alel resesif huruf keciL

GENOTIP adalah komposisi faktor keturunan (tidak tampak secara fisik).
FENOTIP adalah sifat yang tampak pada keturunan.

Pada hibrida atau polihibrida berlaku PRINSIP BERPASANGAN SECARA BEBAS.

RATIO FENOTIP (F2) HIBRIDA NORMAL MENURUT MENDEL
Monohibrida3: 1 (Hukum Dominasi penuh) n= 1, jumlah gamet = 2
Dihibrida 9: 3: 3: 1n= 2, jumlah gamet = 4
Trihibrida 27: 9: 9: 9: 3: 3 : 3: 1 n= 3, jumlah gamet = 8
Polihibrida (3:1)n n= n, jumlah gamet = 2n
(n) = jenis sifat berbeda (hibridanya).
Intermediat 1 : 2 : 1 ——> sifat "SAMA DOMINAN"; percobaan pada bunga Antirrhinum majus.

BACK CROSS ——> perkawinan antara F2 dengan salah satu indukaya.
TEST CROSS ———> perkawinan antara F2 dengan induk atau individu yang homozigot resesif

PENYIMPANGAN SEMU HUKUM MENDEL
Sebenarnya masih mengikuti hukum Mendel ———> alel berinteraksi.

Dikenal beberapa bentulc ———> Ratio fenotip F2)
1. INTERAKSI PASANGAN ALELA pada varitas ayam ——> 9 : 3 : 3 : 1
2. POLIMERI (Nielson-Echle) pada varitas gandum ——> 15 : 1
Polimeri pada manusia misalnya peristiwa pigmentasi kulit.
3. KRIPTOMERI pada tanaman "pukul empat" (Mirabilis jalapa)
percobaan pada Linaria maroccana ———> 9 : 3 : 4
4. EPISTASIS & HIPOSTASIS pada varitas gandum———> 12 : 3 : 1
5. KOEPISTASIS pada Lathyrusodoratus ———> 9 : 7
(Lathyrus odoratus = varitas ercis yang berbiji manis)

POLIMERI
adalah pembastaran heterozigot dengan banyak sifat beda yang berdiri sendiri-sendiri tetapi mempengaruhi bagian yang same dari suatu organisme.

KRIPTOMERI
adalah pembastaran heterozigot dengan adanya sifat yang "tersembunyi" (Kriptos) yang dipengaruhi oleh suatu keadaan, pada bunga Linaria maroccana adalah pH air sel !!

EPISTASIS
adalah faktor pembawa sifat yang menutup pemunculan sifat yang lain sekalipun sifat tersebut dominan

HIPOSTASIS
adalah faktor yang tertutupi oleh faktor lain.

ATAVlSME
adalah sifat yang hipostasis pada suatu keturunan yang pada suatu seat muncul kembali (reappearence).

Sejarah Warna Pink

Kamis, 03 Februari 2011

lan .

 Para ilmuwan berteori bahwa kita sebagai manusia berevolusi untuk dapat melihat warna untuk membuat kita pemburu yang lebih baik di dunia monoton hutan hijau atau hutan. Jadi persepsi warna adalah bagian dari apa yang memisahkan kita dari hewan dan menempatkan kita nyaman di puncak rantai makanan.



Kembali di tahun 1800-an, gagasan terapi warna dikemukakan, mungkin oleh dokter yang sama yang menganjurkan perdarahan dan penggunaan lintah. Warna terapis berpikir bahwa pasien yang bermandikan warna tertentu dari cahaya yang bisa menyembuhkan penyakit fisik dan psikologis. Terapi Warna meninggal ketika antibiotik keluar dan kebanyakan orang menyadari bahwa gagasan yang disembuhkan oleh cahaya berwarna hanya susun.


Ini adalah keyakinan ini penulis bahwa buku dapat ditulis tentang setiap salah satu warna utama dalam roda warna. Ada sejarah budaya dan psikologis yang dapat diperiksa dan dieksplorasi dibandingkan dengan peristiwa-peristiwa besar dan tren hari. Sebagai contoh, pink telah diterima sebagai warna bayi perempuan dan masih warna balon pilihan bagi orang tua bangga yang ingin mengumumkan kelahiran bayi perempuan mereka. Jadi, bagaimana pink menjadi diterima dalam budaya kita sebagai seorang gadis atau warna feminin?


Saya telah mengajukan pertanyaan ini berulang-ulang dari teori warna dan menerima jawaban, jadi saya melakukan sedikit menggali sendiri mencoba untuk datang dengan kesimpulan yang masuk akal. Dan inilah yang saya temukan ... selama Perang Dunia II Nazi menggunakan warna-& bentuk-sistem kode untuk melacak tawanan mereka. Orang Yahudi diberi bintang kuning Daud untuk dipakai untuk mengidentifikasi mereka. Homoseksual diberi segitiga pink terbalik, yang juga setengah bintang Daud. Selama Perang Dunia II, warna pink tidak akan memiliki asosiasi feminin atau maskulin. Ini adalah teori saya bahwa asosiasi pink sebagai warna yang feminin dimulai dengan penggunaan segitiga merah muda kembali di abad kedua puluh oleh Nazi Jerman. Asosiasi pink dengan homoseksualitas bisa berubah atau berubah menjadi mewakili feminin selama ini.

Intinya adalah ini: Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa warna pink menjadi gadis, mitra dengan warna biru maskulin. Tetapi jelas bahwa identifikasi gender warna dimulai pada abad ke-20. Sejarah pink sebagai warna belum berakhir. Mungkin seratus tahun dari sekarang atau dua ratus tahun dari sekarang warna itu sendiri akan berarti sesuatu yang lain seperti yang kita sebagai manusia menetapkan sebuah identitas baru dan tujuan.

AKU CINTA PINK .